Sabtu, 06 Februari 2010

Soichiro Honda


Prof. Toshiko Kinoshita, dari Universitas Waseda, Jepang.

Soichiro Honda adalah salah satu contoh pribadi sukses yang menghasilkan perusahaan besar. Perusahaan Honda dimulai dengan keputusan dan hasrat yang bergelora untuk mendapatkan hasil.
Semua berawal pada tahun 1938, ketika ia mengumpulkan semua harta miliknya untuk diiventariskan pada bengkel kerja dimana ia mulai konsep " piston ring " ia berharap bisa menjualnya ke Toyota, sehingga ia berusaha keras termasuk menginap dibengkel kerjanya dengan keyakinan ia dapat berhasil. Ia bahkan harus menggadaikan perhiasan istrinya agar bisa tetap melanjutkan usahanya.
Ketika "piston ring" sudah selesai dan ia membawanya ke Toyota. Produknya di tolak karena dianggap tidak memenuhi standar. Ia kemudian kembali kesekolah, ketika ia menceritakan temuannya, ia ditertawakan guru dan teman sekolahnya.
Ketimbang bersedih dengan kegagalan dan ejekan, Honda fokus pada sasarannya untuk mencapai target. Setelah dua tahun akhirnya berhasil. Toyota membeli hasilnya. Pemerintah jepang yang terlibat dalam kancah perang menolak menjual material untuk pembangunan pabrik, ia tetap tak mau menyerah, ia malah membuat pabrik pembuatan lalu membangun pabriknya.
Seusai perang ketika terjadi krisis bahan bakar di China, Honda bahkan tak mampu membayar harga bahan bakar. Dalam keadaan putus asa ia menempel mesir pada sepeda motornya. Orang orang melihatnya kagum dan meminta agar mereka juga dibuatkan sepeda motor. Akhirnya mesinnya habis.
Ia ingin memproduksi mesin tapi modalnya habis. Ia mengambil keputusan untuk mengajak 18.000 penjual sepeda di jepang. Ia menjelaskan bagaimana penemuaanya bisa merevitalisasi perekonomian jepang. Ia berhasil meyakinkan 5000 dari mereka.
Untuk membayar dimuka modal yang diperlukan. Ia memproduksi dan terus meningkatkan kualitas produksi. Ia berhasil, sekarang ini perusahaan Honda sudah memiliki 100.000 pegawai. Memproduksi bukan hanya sepeda motor tapi juga mobil. Ia berhasil dijepang dan mengalahkan semua mobil, kecuali Toyota di Amerika Serikat.

Sukses Soichiro Honda disebabkan oleh kekuatan IMPIAN.

Jadilah orang yang lebih memperhatikan karakter daripada reputasi, karena karakter adalah siapa sesungguhnya Anda, sedangkan reputasi adalah bagaimana oranglain berpikir tentang Anda.

0 komentar: